Beranda Jasa Ingin Memiliki Rumah Berdesain Minimalis? Kenali Prinsip Rumah Minimalis Berikut

Ingin Memiliki Rumah Berdesain Minimalis? Kenali Prinsip Rumah Minimalis Berikut

Mungkin anda ingin tahu tentang bagaimana caranya memilih desain rumah minimalis yang cocok untuk anda? Hal tersebut membuat anda merasa bingung harus memulainya dari mana. Kali ini artikel akan membagikan informasi seputar prinsip-prinsip yang sering digunakan untuk desain minimalis. Kata minimalis sering menggunakan istilah less is more atau kurang itu lebih sebagai prinsip minimalis dan sudah diterapkan.

Bahkan trend satu ini memang sudah sangat populer digunakan di semua belahan dunia, termasuk Indonesia. Anda bisa gunakan desain rumah minimalis 2 lantai ataupun 1 lantai sesuai kebutuhan, namun tidak berlebihan. Konsep desain minimalis sendiri banyak dipengaruhi oleh desain dan arsitektur dari Negeri Sakura Jepang yang sangat memberikan perhatian mendalam terkait efektifitas dan efisiensi penataan ruang. Tak heran jika kata minimalis sendiri sering dikaitkan dengan desain tradisional Jepang. Jika anda tertarik untuk membawa ide minilasi ke rumah anda, kenali beberapa prinsip di bawah ini terlebih dahulu.

Kunci utama desain minimalis adalah Kesederhanaan

Karakter utama desain rumah minimalis biaya murah adalah kesederhanaan baik anda melihatnya dari segi fungsi ataupun bentuk. Hal tersebut membuat hunian impian anda lebih efisien dan sederhana. Jika dilihat dari segi bentuk, kotak atau kubus biasanya menjadi bentuk dasar desain rumah. Profil bagian atap yang simpel juga menjadi ciri khas dari rumah minimalis.

Anda bisa hindari menggunakan desain atap yang terlalu kompleks. Desain atap yang banyak digunakan adalah berbentuk datar atau piramida. Ada bisa dapatkan referensi dari berbagai sumber. Desain rumah juga jelas untuk semua ruangan yang di dalam rumah anda. Tidak banyak mempunyai lengkungan dan sudut yang kompleks. Jika dilihat dari fungsinya, berikut beberapa karakter rumah desain minimalis:

  • dekorasi secukupnya
  • konsep terbuka
  • mempunyai banyak ruang penyimpanan
  • menggunakan pencahayaan alami
  • tidak membutuhkan ruang tamu khusus, biasanya menjadi satu dengan ruang keluarga

Semua hal tersebut lebih mengutamakan kesederhanaan agar anda bisa mengekspresikan prinsip desain minimalis. Anda juga bisa gunakan jasa desain rumah minimalis murah dengan layanan dan kualitas yang sesuai kebutuhan.

Mempunyai ruang terbuka

Konsep ruang terbuka dan minimalis merupakan ciri khas rumah minimalis. Desain tersebut lebih meminimalkan penggunaan bahan penyekat ruangan. Hal tersebut sangat banyak digunakan pada desain rumah minimalis sederhana. Mengapa demikian? Rumah anda biasanya terasa lebih bersih dan lapang tanpa sekat. Anda bisa lebih bebas dalam melakukan ragam aktivitas tanpa banyak sekatan.

Hal tersebut juga memaksimalkan ruangan yang ada karena beberapa ruangan dapat dijadikan satu, misalnya ruang dapur dengan ruang makan, atau ruang dapur dan keluarga dijadikan satu. Ruangan dengan banyak fungsi tersebut sangat praktis dan cocok jika menerapkannya pada rumah minimalis. Jika memang membutuhkan sekat, anda bisa gunakan bahan kaca sebagai penyekat agar konsep terbuka masih terasa di dalam hunian anda

Gunakan furniture secukupnya saja

Anda harus pertimbangkan secara matang terkait dekorasi dan perabotan untuk rumah anda. Anda bisa gunakan perabotan yang penting saja supaya rumah anda tidak berantakan dan menjaga ruangan anda tetap lapang dan terasa lega. Bahkan anda juga bisa terapkan desain rumah minimalis type 36 jika anda bisa mengatur perabotan dengan baik.

Untuk masalah dekorasi, anda bisa pilih yang sederhana saja dan hindari dekorasi kecil dengan jumlah banyak di dalam rumah. Anda bisa gunakan satu atau dua yang berkualitas untuk desain rumah minimalis. Dekorasi kecil yang banyak dan menyebar di semua ruangan akan mengurangi nuansa lapang dan justru memberikan kesan sesak. Selain itu akan terasa sulit untuk menjaga kebersihannya.

Objek yang anda pilih harus bersifat fungsional menggunakan prinsip minimalis, misal rak buku bisa multifungsi untuk menyimpan barang sekaligus hiasan ruangan. Anda juga bisa gunakan lemari atau rak sebagai pembatas ruangan jika anda membutuhkannya. Pastikan kualitas lebih penting daripada kuantitas saat anda memilih dekorasi dan perabotan rumah.

Selalu jaga kerapian dan kebersihan rumah

Minimalis artinya selalu menjaga kerapian dan kebersihan rumah anda. Supaya sesuai dengan prinsip minimalis tersebut, desain rumah minimalis membutuhkan tempat penyimpanan di setiap ruangan anda. Hal tersebut bisa berbentuk cabinet, lemari, atau gudang. Sangat disarankan membuat penyimpanan yang luas, mudah digunakan, dan tidak mengganggu penataan ruang. Ada beberapa ide tempat penyimpanan, seperti di bawah tempat tidur, di sela-sela bawah plafon, dinding, bawah tangga, dll,

Anda bisa gunakan beberapa barang seperti gantungan, kotak ran rak untuk penyimpanan dan menata barang anda. Anda harus membuat barang-barang yang sudah tidak anda butuhkan lagi untuk menjaga kerapian rumah. Nah, anda bisa terapkan prinsip ini untuk desain rumah murah minimalis.

Gunakan cahaya alami

Kesan bersih untuk hunian minimalis banyak memanfaatkan banyak cahaya alami untuk mengisi rumah. Anda bisa gunakan bukaan atau jendela kaca untuk berbagai ruangan rumah, bahkan anda bisa memasangnya di lorong atau sudut strategis untuk membuat sinar matahari masuk ke rumah anda. Anda bisa gunakan void rumah dan gabungkan dengan bukaan kaca untuk mendapatkan cahaya alami. Istilah void rumah yaitu ruang kosong terbuka yang ada di tengah konstruksi antara 2 lantai rumah anda.

Cara satu ini membiarkan cahaya alami bisa masuk ke dalam rumah dan dapat menjangkau beberapa lantai. Penyebaran alami maksimal dan ruangan anda bisa lebih terang. Adanya void di rumah anda juga bisa memberikan nuansa lapang dan luas, sirkulasi udara lebih bagus, dan mempermudah komunikasi antara lantai rumah.

Banyak gunakan warna netral

Anda juga bisa gunakan perpaduan warna yang netral dan harmonis untuk membuat rumah minimalis anda terasa lebih nyaman. Banyak rumah minimalis lebih banyak menggunakan warna netral seperti krem, gray, hitam, dan putih. Warna netral tersebut banyak yang menggunakan karena mudah berbaur dengan nuansa warna di sekitarnya dan membuat warnanya lebih sederhana dan fleksibel. Anda juga bisa aplikasikan warna netral untuk desain rumah minimalis ukuran 4×12.

Selain itu anda bisa gunakan warna netral untuk warna dasar bagian lantai, plafon, dan dinding. Anda bisa merasa lebih variatif untuk memadukan warna dengan bagian lainnya seperti perabot, pintu, dan gorden. Anda juga bisa menggunakan ragam paduan warna dari cat yang sama dalam membuat desain warna monokrom di dalam ruangan anda. Misal, anda bisa gunakan warna biru dan biru tua. Anda tetap bisa bermain warna meskipun menggunakan warna netral untuk desain rumah minimalis.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles