• May

    2

    2018
  • 59
  • 0
Cara Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah

Cara Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah

 Apa yang akan Anda rasakan ketika setiap hari bisa melihat pemandangan cantik dari tanaman-tanaman yang ada di pekarangan rumah? Tentunya menyenangkan, bukan? Meskipun hanya ada beberapa tanaman yang ada di pekarangan rumah, tapi tetap saja hal itu bisa membuat mata kita lebih tenang dan menjadikan pikiran terasa jauh lebih segar.
Supaya tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik, maka dibutuhkan pemahaman yang cukup supaya hal itu bisa terjadi. Perlu diketahui bahwa tidak semua tanaman mampu tumbuh indah jika tidak diberikan perawatan khusus.
Misalnya saja mengenai masalah pencahayaan sinar matahari. Beberapa tanaman tertentu ada yang membutuhkan cahaya sangat terang, sedangkan beberapa jenis tanaman lainnya malah justru hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami karakteristik daripada tanaman yang kita tanam.Sebetulnya, apa saja sih cara yang mesti dilakukan supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik? Berikut artikel patria land yang membahas cara merawat tanaman di pekarangan rumah.
1. Lakukan Proses Penyiraman Secara Rutin
 Penyiraman perlu dilakukan secara teratur dan rutin. Untuk bunga dan tanaman hias yang ditanam di area terbuka dan terdapat pasokan sinar matahari sepanjang hari, sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan sore hari.Hal ini perlu dilakukan karena banyaknya air yang menguap menjadi uap air karena akibat interaksi langsung dengan matahari, akan membuat bunga menjadi kekurangan pasokan air jika tidak dilakukan secara rutin.
Untuk bunga atau pun tanaman hias yang ditanam di pot dan diletakkan pada di dalam rumah atau pun teras yang teduh, maka anda tidak perlu melakukan proses penyiraman setiap hari. Lakukan proses penyemprotan pada seluruh bagian permukaan daun agar terlihat lebih fresh dan segar. Jika anda melakukan penyiraman setiap hari, maka bunga atau tanaman hias akan kelebihan pasokan air karena uap air yang dihasilkan oleh bunga terlalu sedikit.
2.Pencahayaan
Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal-awal, bahwa tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di tempat yang kurang cahayanya. Beberapa tanaman tertentu butuh cahaya matahari yang cukup untuk bisa melakukan fotosintesis. Oleh sebab itu, tingkat pencahayaan sinar matahari begitu penting bagi tanaman seperti ini.
3. Lakukan Proses Pemupukan Dengan Baik
Proses pemupukan juga sangat diperlukan dan harus diperhatikan karena mempunyai peran penting dalam membantu menjaga kesuburan tanah sehingga tanaman hias dan bunga bisa tumbuh dengan baik dan subur. Lakukan pemupukan secara rutin dan teratur. Sebaiknya anda menambahkan pupuk pada saat pupuk sudah mulai hilang karena larut bersama air ketika anda melakukan penyiraman.Sebiknya menggunakan Pupuk alami seperti hal nya kotoran dan kompos sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan pupuk alami ke dalam tanah. Sebelum melakukannya, akan lebih baik jika Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang memberikan bibit tanaman.
4.Kelembaban
Suhu dan kelembapan juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan jenis-jenis bunga atau pun tanaman hias tertentu. Ada tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas dan ada tanaman hias yang tidak tahan terhadap cuaca panas. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap karakteristik masing-masing tanaman hias yang akan kita tanam dan rawat. Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman kurang kelembaban, lihatlah bintik-bintik cokelat pada daun. Jika terdapat bintik-bintik cokelat pada daun, itu berarti tanaman tersebut membutuhkan tempat yang lebih lembab.
5. Lakukan Pengecekan Pada Lubang Sirkulasi Pot
Cara ini juga seringkali dianggap remeh oleh masyarakat pada umumnya. Lubang sirkulasi yang ada pada bagian dasar pot merupakan ruang sirkulasi yang berfungsi untuk tempat pembuangan air jika tingkat penyiramannya terlalu berlebihan.
Apabila lubang sirkulasi tersebut tersumbat atau bahkan terlalu kecil maka akan mempengaruhi juga terhadap tumbuh kembang tanaman hias atau pun bunga anda. Kadar air yang terlalu banyak yang tidak dibuang dengan baik, maka akan tersimpan di area bawah pot. Kemudian lama kelamaan jika hal ini terjadi, maka akan memicu tanaman menjadi busuk dan pada akhirnya mati. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada anda, sering-seringlah memeriksa lubang sirkulasi pot anda.
6. Lakukan Proses Pemangkasan Secara Rutin
pemangkasanProses pemangkasan merupakan suatu proses penataan tanaman agar selalu tampak rapi dan indah untuk dipandang mata. Proses ini perlu untuk dilakukan saat daun-daun yang berada pada bagian batang paling bawah sudah mulai mengering. Kemudian untuk merapikan cabang-cabang yang tidak diperlukan dan tumbuh tidak beraturan.
Jika anda tidak memperhatikan dan acuh tak acuh dengan tidak memangkas daun-daun yang kering di bagian batang paling bawah, maka daun-daun itu akan menumpuk pada bagian dasar pot dan dalam waktu yang lama akan mengganggu ruang gerak bunga tersebut sehingga pertumbuhannya menjadi tidak maksimal. Selain itu juga digunakan untuk menghindari adanya hama yang dapat merusak bagian dari bunga atau pun tanaman hias anda.
7.Ubah tanah

Meskipun pencahayaannya sudah tepat kemudian air yang dibutuhkan tanaman tercukupi dengan baik, terkadang ada juga tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan maksimal. Solusinya, Anda bisa mengganti media tanam dengan tanah baru yang bisa memperbarui nutrisi tanaman.
8.Jauhkan dari hama dan serangga
Tanaman dan bunga bisa menarik perhatian hama dan serangga. Meskipun kehadiran serangga dibutuhkan, akan tetapi hal itu tidaklah baik jika mereka tidak membantu proses penyerbukan dan malah merusak tanaman. Jauhkan tanaman dari mereka, dan jika perlu beri mereka pembasmi hama dan serangga.9. Bersihkan tanaman
Sama seperti kita, tanaman juga ingin dirinya terlihat bersih dan terbebas dari kotoran. Untuk itu, bersihkan daun tanaman dengan kain halus atau bisa juga dengan menghindarkan mereka dari debu maupun dari rumput liar.
10. Lakukan Penggantian Pot Secara Rutin
penggantian-potMinimal anda harus melakukan penggantian pot secara rutin paling cepat 3 sampai 4 bulan sekali untuk menjaga kesuburan bunga atau pun tanaman hias anda. Saat proses penggantian pot, seringkali ditemukan semut yang bersarang pada akar tanaman anda. Hal tersebut lama-kelamaan akan menggangu pertumbuhan tanaman anda.
Selain itu proses ini digunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman hias atau pun bunga anda. Dengan bertambah besarnya tanaman tersebut, maka otomatis diperlukan juga wadah atau pot yang lebih besar pula agar tanaman bisa leluasa dalam proses tumbuh dan berkembangnya.
11.Jangan biarkan tanaman sendiri
Point yang terakhir ini bukan berarti Anda harus selalu dekat dengan tanaman ya. Tapi, ketika Anda ingin merawat tanaman, usahakan untuk membeli lebih dari satu tanaman dan letakkan tanaman tersebut secara berdekatan.

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber