• April

    17

    2018
  • 51
  • 2
Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

   Salah satu unsur penting yang turut menentukan keindahan dan kenyamanan ruangan adalah lantai keramik, termasuk juga lantai keramik kamar mandi.Keramik yang berasal dari bahasa Yunani yakni Keramikos memiliki arti bentuk dari tanah liat yang sudah melewati proses pembakaran dan menjadi hasil dari karya seni serta teknologi. Tidak seluruh keramik terbuat dari material tanah liat, namun juga terbuat dari beberapa bahan lain seperti ball clay, felspard, kaolin, kwarsa dan lain sebagainya .
Memilih lantai keramik kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang. kita harus cermat dan jeli karena akan berimbas pada ketepatan, ketahanan dan kesesuaian saat diaplikasikan. Lebih jauh mempengaruhi suasana dalam ruangan bahkan juga mood.Dalam memilih keramik kamar mandi harus masuk ke dalam catatan penting anda agar tidak melebih anggaran dan juga memperoleh kualitas yang terbaik. Kamar mandi menjadi salah satu area penting di dalam rumah yang merupakan area basah sehingga resiko ruangan lembab menjadi lebih tinggi, oleh karena itu pemilihan keramik kamar mandi harus dilakukan dengan tepat.
Keramik merupakan pilihan paling tepat untuk digunakan pada area kamar mandi karena memiliki corak yang sangat beragam, sehingga akan mempermudah anda untuk menyesuaikan dengan interior kamar mandi yang sudah ada atau ingin anda gunakan. Keramik juga sudah teruji memiliki tingkat ketahanan terhadap rembesan air serta tahan terhadap area lembab seperti kamar mandi. Seebelum memilih keramik, Anda harus memastikan kamar mandi yang akan Anda buat termasuk dalam kamar mandi kriteria apa. Kamar mandi dibedakan menjadi 2 yakni kamar mandi kering dan kamar mandi basah.
Kamar mandi kering mampu menciptakan suasana nyaman karena bebas dari air yang menggenang. Dari segi kesehatan akan lebih baik karena bebas dari sarang nyamuk dan lebih muda terjaga. Sedangkan kamar mandi basah memiliki keunggulan akan simplisitas karena tidak membutuhkan saluran air yang panjang layaknya kamar mandi kering.
-Kamar mandi kering
Kamar mandi kering secara umum terbagi menjadi 2 bagian. Pertama bagian untuk mandi tepat di bawah shower dan Kedua bagian kering selain dibawah shower.
Untuk bagian di bawah shower sepertinya kurang tepat menggunakan keramik dan akan lebih cocok menggunakan batu-batu alam seperti batu koral ukuran besar atau kecil. Anda bisa menatanya sedemikian rupa sesuai keinginan, menyemennya dan menambahkan hiasan tanaman untuk menambah keindahan. Sedangkan untuk kamar mandi keringnya ada bisa memilih keramik bermotif atau polos sesuai selera dan desain.
-Kamar mandi basah
Kamar mandi basah identik dengan genangan air baik di bak mandi utama atau bak mandi pelengkap. Kondisinya yang lembab menyebabkan air dapat merembes, bahkan cenderung tidak aman karena rentan membuat orang terpeleset. Memahami kondisi ini, sangat tepat untuk menggunakan lantai keramik bertekstur kasar, atau keramik matte agar tidak rentan terpeleset.
Keramik dengan motif-motif timbul akan cocok digunakan. Selain itu motif kotak-kotak, motif bunga, motif kayu yang muncul juga dapat dijadikan pilihan menarik.

berikut Tips Memilih Keramik Kamar Mandi
1. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan
Harga dan motif keramik yang ada saat ini cukup beragam, sehingga membuat anda harus lebih teliti saat memilih keramik kamar mandi ini. Pastikan untuk memilih keramik sesuai dengan anggaran dan juga kebutuhan kamar mandi yang anda miliki, pilihlah keramik dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. (Baca Juga : cara pasang otomatis pompa air )
2. Sesuaikan dengan jenis kamar mandi
Keramik memiliki 4 jenis lapisan yang paling umum yakni satin, glossy atau mengkilat, memiliki tekstur dan juga matte, keempat jenis keramik ini mempunyai tekstur yang licin dan juga tidak licin. Untuk area kamar mandi yang basah, sebaiknya pilih keramik yang teksturnya tidak licin sehingga aman saat diinjak, khususnya jika kamar mandi tersebut lebih sering digunakan oleh anak-anak atau manula. Selain itu, tekstur keramik yang tidak licin akan lebih mempermudah anda untuk membersihkan lumut
3. Cocokkan dengan ukuran
Agar keramik yang anda pilih bisa digunakan dengan maksimal, maka anda harus mengukur lebih dulu lantai keramik dan selaraskan dengan ukuran kamar mandi yang anda miliki.Aliran listrik juga menjadi hal penting untuk diperhatikan, sebab ini akan menjadi penentu tingkat kemiringan lantai ke arah pembuangan, sebaiknya jangan memilih lantai dengan ukuran yang besar agar bisa mengikuti arah arus pembuangan air.
Namun, jika kamar mandi yang anda miliki berukuran kecil, maka keramik ukuran besar adalah pilihan tepat untuk digunakan, sebab akan membuat tampilan kamar mandi terlihat lebih luas.
4. Serasikan tema dengan warna kamar mandi
Tips memilih keramik kamar mandi selanjutnya adalah menyesuaikan corak dan juga warna keramik dengan tema kamar mandi yang anda usung.Pastikan anda memilih warna dan corak keramik yang senada dengan tema kamar mandi, sehingga tema kamar mandi yang anda usung tidak akan hilang.
5. Pastikan memiliki garansi
Meskipun terdengar sepele, namun urusan garansi pada keramik tetap perlu anda perhatikan. Konsultasikan pada pemilik toko tentang ada atau tidaknya garansi untuk keramik yang akan anda pilih, sehingga jika nantinya ada keramik yang tidak sempurna atau cacat masih bisa ditukar atau dikembalikan.
6. Pilih keramik dari kegunaannya
Pemilihan keramik lantai kamar mandi juga harus disesuaikan berdasarkan kegunaannya, apakah untuk bagian lantai kamar mandi atau dinding kamar mandi. Untuk bagian lantai, gunakan keramik dengan tekstur yang kasar, sementara untuk keramik dinding kamar mandi bisa menggunakan yang licin tetapi dengan motif menarik dan serasi dengan keramik lantai.
7. Pilih warna keramik yang cerah
Kamar mandi yang merupakan area basah, haruslah menggunakan keramik dengan warna yang cerah, sebab jika menggunakan warna gelap maka akan meninggalkan kerak serta noda berwarna putih atau abu-abu pada saat keramik kamar mandi mengering. Beberapa warna gelap yang cocok digunakan pada kamar mandi adalah warna hitam, coklat dan juga merah gelap.
8. Pilih keramik berkualitas
Kualitas keramik menjadi sangat penting sebab akan digunakan pada area yang paling sering terkena air dan lembab. Agar keramik bisa tahan lama, maka gunakan keramik yang berkualitas bagus sehingga tidak akan mudah terlepas dari plesteran, retak atau pecah.Selain itu, pastikan keramik yang anda pilih tidak memiliki rongga dan padat sehingga tidak akan tergenang oleh air.
9. Pilih yang mudah dibersihkan
Pastikan juga jika keramik yang anda pilih sangat mudah saat akan dibersihkan agar bisa selalu terlihat cantik dan terawat. Anda bisa saja menggunakan keramik dengan motif timbul untuk kamar mandi, akan tetapi resikonya adalah kotoran akan lebih mudah berkumpul pada keramik. Pilihan terbaik adalah memilih keramik yang sederhana dengan permukaan datar serta tidak memiliki ukiran atau corak agar mudah dibersihkan.
10. Pilih keramik porselen dan batuan
Keramik porselen dan juga batuan mempunyai ukuran serta bentuk yang cukup bervariasi, sehingga akan mempermudah proses pemasangannya. Keramik batuan menjadi material tepat untuk digunakan pada kamar mandi khususnya untuk area shower yang terlebih dahulu diberi bahan pelapis tambahan sehingga tahan terhadap rembesan air.
11.Menyesuaikan jenis & Ukuran
Keramik memiliki 4 jenis lapisan yang paling umum yakni satin, glossy (mengkilat), memiliki tekstur dan juga matte, keempat jenis keramik ini mempunyai tekstur yang licin dan juga tidak licin. Untuk area kamar mandi basah, sebaiknya pilih keramik yang teksturnya tidak licin sehingga aman saat diinjak, khususnya jika kamar mandi tersebut lebih sering digunakan oleh anak-anak atau manula. Selain itu, tekstur keramik yang tidak licin akan lebih mempermudah anda untuk membersihkan lumut serta jamur yang sering hinggap pada area basah tersebut.
Sedangkan untuk keramik glossy disarankan untuk dipasang pada dinding kamar mandi. Ini akan memudahkan Anda membersihkannya dari sisa sabun atau jamur dan lumut yang menempel.
Untuk ukuran keramik selaraskan dengan ukuran kamar mandi yang dimiliki agar keramik bisa digunakan dengan maksimal. Karena itu ukurlah kamar mandi dengan seksama. Perhatikan juga aliran listrik sebab ini akan menjadi penentu tingkat kemiringan lantai ke arah pembuangan. Unsur lainnya yang juga peril dicermati adalah sinkronisasi antara layout dan besar ruangan. Kamar mandi kecil, keramik ukuran besar akan memberi kesan luas begitu juga dengan ukuran keramik yang dibuat memanjang secara horizontal.
Berikut adalah beberapa contoh keserasian antara tema dan warna yang dilansir dari sebuah site bangunan:
– Hunian bergaya etnik dapat menggunakan elemen kayu yang terekspos, seperti warna keramik abu-abu, paduan putih dan krem/kuning, coklat dan terakota.
– Hunian bergaya modern atau minimalis akan sesuai dengan keramik warna lembut dan tidak ramai, seperti warna putih atau warna semen.
– Hunian bergaya natural cocok dengan keramik bermotif batu alam atau bambu, sehingga mendukung suasana alami yang hendak dipamerkan.
– Hunian bergaya klasik pas dengan keramik seperti marmer atau granit. Jika ingin memiliki suasana anggun dan elegan, sebaiknya pilih corak seperti itu atau motif baroque.
– Hunian bergaya mediterania serasi dengan keramik warna krem, coklat tanah, atau yang memiliki gradasi kedua warna tersebut.
– Hunian bergaya country ideal menggunakan keramik corak floral atau geometri. Disamping kombinasi warna hal lain yang penting untuk turut diperhatikan adalah kualitas, corak dan material yang memudahkan Anda untuk melakukan perawatan.

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

2 COMMENTS

  • Indo Griya
    September 28, 2018, 12:14 pm REPLY

    Memilih keramik untuk kamar mandi, yang perlu diperhatikan, selain desain keramik, juga keamanan bagi penggunanya. Carilah jenis keramik yang tidak licin. Ada banyak jenis keramik dengan tekstur yang kasar dadn tidak licin. Ini sangat direkomendasikan.

  • Indo Griya
    September 28, 2018, 12:15 pm REPLY

    Memilih keramik untuk kamar mandi, yang perlu diperhatikan, selain desain keramik, juga keamanan bagi penggunanya. Carilah jenis keramik yang tidak licin. Ada banyak jenis keramik dengan tekstur yang kasar dadn tidak licin. Ini sangat direkomendasikan.

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber