• April

    16

    2018
  • 51
  • 0
Macam Macam Genteng  

Macam Macam Genteng  

   Selain memberikan nilai estetika karena melengkapi sebuah bangunan menjadi sempurna, nilai fungsional atap juga sangatlah penting. Atap atau genteng merupakan elemen krusial dari sebuah rumah yang berfungsi melindungi penghuninya dari beragam jenis cuaca sesuai dengan iklim sebuah daerah dimana atap tersebut digunakan. Seperti halnya jenis semen yang beragam dan penting sebagai awal berdirinya pondasi dan tembok dalam proses pembangunan sebuah hunian, atap sangat penting karena berfungsi menutup bagian atas hunian sehingga dapat memberikan perlindungan siang dan malam dari terpaan hujan dan teriknya panas matahari.
Selain mengetahui harga genteng terbaru pada artikel sebelumnya, memilih genteng sebagai atap hunian secara cermat, tentu genteng yang digunakan harus memiliki sifat ketahanan yang tinggi untuk melindungi sang empunya rumah. Sebelum memilah, ada baiknya Anda pertimbangkan dengan menyimak terlebih dahulu beragam jenis genteng dari proses pembuatan dan bahan dasar yang marak di pasaran beserta karakterisitiknya.
Genteng Gojer / Morando
Berbentuk seperti gelombang, jenis genteng ini sebagian berbentuk melengkung kebawah dan sebagian lagi melengkung keatas. Terbilang enteng, genteng ini memiliki daya tahan yang kuat namun memerlukan kecermatan dalam pemasangannya agar rapi. Panjang 33 cm, lebar 23 cm, berat 2,25 kg, dibutuhkan jumlah 15 buah per meter persegi. Sebenarnya terdapat dua pilihan diantaranya yang sudah di galsur dan belum di galsur. Jika lebih memilih membeli yang belum diglasur, Anda tetap harus di cat agar terhindar dari serangan lumut.
Genteng Mantili Biasa
Jika dilihat, genteng mantili biasa sekilas mirip dengan press biasa namun bentuknya berbeda. Termasuk kedalam genteng hias, jenis ini juga terbilang paling laris karena relatif hemat karena hanya dibutuhkan volume isi 24 buah per meter persegi. Daya tahannya juga kuat dan tidak mudah pecah sehingga dapat digunakan berpuluh-puluh tahun.
Genteng Mantili Turbo
Memiliki karakteristik yang sama dengan mantili biasa, genteng mantili turbo memiliki ukuran yang lebih besar yaitu panjang 33 cm, lebar 23 cm, tebal 1,5 cm, dan sedikit lebih berat yaitu 2,3 kg. Termasuk kedalam genteng hias, jenis ini juga terbilang paling laris karena relatif hemat karena hanya dibutuhkan volume isi 20 buah per meter persegi. Kedua jenis genteng mantili ini juga cocok dipakai untuk rumah minimalis.
Genteng Kodok / Prentul / Karangpilang / Goodyear
Genteng Kodok memiliki penahan air hujan yang berada di bagian ujung atasnya sehingga dapat menahan tampiasnya air hujan dan angin kencang. Jenis ini juga memiliki 2 buah pengait sehingga reng yang digunakan harus lurus agar tidak miring. Ukuran panjang 29 cm dengan lebar 21 cm memiliki berat 1,2 kg. Dengan ukuran ini, dibutuhkan sekitar 25 buah genteng untuk per meter perseginya.
Genteng Garuda
jenis genteng ini memiliki desain 2 galombang atau talangan yang berfungsi memecah air. Gelombang ini juga berfungsi mengikat genteng satu sama lain sehingga tampilannya juga terlihat lebih artistik. Anda perlu berhati-hati dalam penyusunanya yang harus agak tegak agar rembesan air tidak terjadi. Terdapat dua jenis bentuk genteng ini yaitu genteng garuda gelombang dan genteng garuda sudut. Ukuran rata-rata yaitu panjang 31 cm, lebar 24 cm, berat rata-rata 2 kg.
Genteng Plentong
Ini dia jenis genteng yang dikenal sebagai jenis genteng yang umum atau standar. Permukaannya berbentuk datar dari atas hingga kebawah, namun melekuk dibagian samping. Jenis Panjang 27,5 cm2, lebar 22,5 cm2, berat 1,5 kg, dibutuhkan jumlah 25 pcs per meter persegi. Untuk sistem pemasangannya juga terbilang mudah.
Jenis Genteng Metal / Logam
Terbuat dari bahan dasar metal dan logam, ketebalan yang dimiliki sekitar 0,3 mm. Benefit yang diberikan dari jenis ini adalah ukurannya yang lebih lebar yaitu 60-120 cm atau lebih besar dari genteng kebanyakan sehingga dapat mempercepat pemasangan sebuah rumah karena pemasangannya juga sangat mudah. Tak serumit jenis tanah liat yang harus disusun, genteng yang memiliki beban ringan ini menggunakan sekrup dalam pemasangannya namun harus tetap teliti agar tetap rapi. Meskipun demikian, dengan bahan ini juga anti pecah sehingga aman dari kebocoran. Bahannya juga tidak menimbulkan panas dan tidak mudah terbakar. Selain itu, Anda tak perlu khawatir dengan serangan lumut karena dilapisi anti lumut yang mengurangi biaya tambahan pengecetan ulang di kemudian hari. Anda juga tak perlu khawatir dengan nilai estetika yang dimunculkan karena jenis ini tersedia cukup variatif sehingga dapat diserasikan dengan pemilihan cat rumah Anda.
Jenis Genteng Aspal
Hanya memiliki berat seperenam dari genteng atau keramik, bahannya terbilang solid dengan namun tetap ringan. Material yang terdiri dari lembaran bitumen atau sejenis turunan aspa dan kimia lainnya. Bersifat melindungi karena memiliki karakterisitik tahan api dan tahan terhadap tekanan angin. Anda dapat menemukan dua model dipasaran yaitu diantaranya model datar yang bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka dan bergelombang yang pemasangannya menggunakan sekrup, sehingga sama seperti jenis metal dan logam yang pemasangannya juga mudah. Pada kemiringan 22,5 hingga 90 derajat, genteng yang memiliki harga yang relatif mahal ini dapat digunakan. Ternyata, ada juga genteng aspal bitumen yang tidak berlabel SNI yang bisa dilihat disini.
Jenis Genteng Kaca
Jenis genteng ini transparan sehingga dapat dimasuki sinar matahari karena terbuat dari kaca. Seperti halnya jendela kaca, natural light dapat menghemat penggunaan listrik pada pagi hingga sore hari. Dilihat dari bentuknya yang berkesan modern, jenis ini cocok digunakan untuk model rumah minimalis. Karena transparan dan matahari dapat mudah masuk, hawa panas Anda sehingga penggunaan jenis ini biasanya sebagai atap taman indoor. Namun Anda perlu berhati-hari karena material kaca cukup rentan pecah.
Jenis Genteng Keramik
Diproses dengan menggunakan pembakaran pada suhu 1100 derajat celcius, warna yang menempel di genteng yang terbuat dari keramik ini akan tahan lama. Tersedia dalam banyak varian warna karena finishing-nya dilapisi glasur, tak hanya warna saja yang tahan lama namun juga secara keseluruhan karena bisa menahan beban manusia. Mudah dikaitkan melalui celah dengan sistem interlock, kelemahan yang dimiliki adalah kemiringan minimum 30 derajat agar tidak bocor dan mudah terbang diterpa angin karena air hujan harus mengalir dengan baik. Tumpuan genteng keramik adalah pada rangka kayu atau beton. Jika masih bingung mempertimbangkan antara menggunakan genteng keramik atau genteng aspal, Anda dapat melihat disini.
Jenis Genteng Beton
Terbuat dari material seperti kerikil, pasir, dan semen dan proses pembuatan yang terbilang kuno, genteng ini memiliki bobot yang berat sehingga diiperlukan rangka kayu yang besar untuk menopang bebannya. Keuntungannnya, daya tahan yang dihasilkan pun kuat dan tidak mudah goyah akibat terpaan angin. Sayangnya, tampilan yang dihasilkan aak kusam karena tak diberi warna sehingga Anda perlu mengkreasikannya dengan melapisi glasur agar tak mudah diserang lumut. Genteng yang tersedia dari 2 bentuk yaitu gelombang dan datar ini harganya juga terjangkau.
Jenis Genteng Policarbonat
Penggunaan genteng policarbonat biasanya di bagian outdoor seperti canopi atau atap carport. Jenis genteng ini terdapat dua jenis yaitu yang rata dan berongga. Untuk waktu pemasangan relatif cepat dengan menggunakan paku untuk rangkakayu, sedangkan baut digunakan untuk baja. Genteng yang kedap air dan tahan rayap ini sedikit berbeda karena dijual per rol.
Jenis Genteng Sirap
Genteng sirap yang memiliki nama lain kayu besi atau bulian ini dbuat dari dari kayu ulin yang tahan akan perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut. Kayu ulin yang berasal dari Pulau Kalimantan ini juga seringkali digunakan sebagai bahan furniture, bahan bangunan, jembatan, dan sebagainya. Sayangnya, genteng yang memiliki bobot yang cukup ringan dan dapat mengisolasi panas ini agak sulit ditemukan di pasaran sebagai upaya pemerintah menjaga kelestarian lingkungan, namun terdapat alternatif atap dari kayu merbau. Proses pemasangannya juga harus teliti dengan memastikan bahwa kayu sudah kering ketika dipasang agar tidak melengkung. Bentuknya juga lain dari jenis genteng kebanyakan yaitu berupa lembaran tipis yang memanjang.
Jenis Genteng Asbes / Fiber Semen
Berbahan dasar 6 mineral silikat alam, genteng asbes merupakan salah satu jenis genteng yang familiar di masyarakat karena dibanderol dengan harga murah dibandingkan dengan genteng lainnya. Keuntungan jenis ialah tidak mudah bocor dan bahan yang tidak menyerap panas sehingga suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu, bobotnya yang ringan sehingga tidak membutuhkan konstruksi khusus dan pemasangannya mudah. Sedangkan kelemahannya adalah seratnya yang mudah membentuk partikel yang lepas dan terhirup sehingga tidak dianjurkan untuk kesehatan. Terdapat beberapa bentuk diantaranya berbentuk plat untuk plafon, atap asbes yaitu yang berbentuk seperti genteng, karpus genteng untuk menutup atas genteng asbes, bergelombang yang biasa digunakan sebagai atap, nock asbes untuk menutup sudut atas gelombang.

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber