• April

    11

    2018
  • 66
  • 1
jenis Jenis Kaca Sebagai Bahan Bangunan

jenis Jenis Kaca Sebagai Bahan Bangunan


Kaca adalah material padat yang merupakan zat cair yang sangat dingin karena molekul-molekulnya tersusun seperti air, namun kohesinya membuat bentuknya menjadi stabil. Hal ini terjadi karena proses pendinginan yang sangat cepat. Ini juga yang membuat kaca menjadi transparan atau tembus pandang. Kaca adalah amorf (non kristalin) material padat yang bening dan transparan (tembus pandang), biasanya juga rapuh atau mudah pecah.
Kaca yang digunakan dalam bangunan bersifat tembus pandang sehingga dapat meneruskan cahaya dan panas matahari. Namun, dalam aplikasinya, kaca tidak selalu dibuat tembus padang. Kaca dapat juga dibuat menjadi semi tembus pandang atau sama sekali tidak tembus pandang.
Kaca biasanya dipasang pada pintu, jendela, dinding, atau bagian bangunan lainnya. Hal ini bertujuan untuk meneruskan cahaya matahari ke dalam bangunan sehingga walaupun tanpa lampu, ruangan bisa terang saat siang hari. Masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan dapat menghilangkan kelembaban.
1. Kaca cermin (mirror glass)
Kaca cermin adalah kaca dengan lapisan tambahan oksida logam melalui proses dualisis. Kaca yang juga disebut one way glass tampak seperti cermin di satu sisi, dan tampak tembus pandang di sisi lainnya. Kaca cermin cocok untuk jendela di sekitar area depan rumah untuk melindungi penghuni rumah dari pandangan mata orang iseng. Kita yang berada di dalam rumah dapat mengamati keadaan sekitar setiap saat, namun mereka yang ada di luar tak bisa melihat ke dalam.
2.Kaca Bening (clear glass)
Kaca ini sering juga disebut sebagai float glass atau kaca polos karena rata . Kaca ini tidak berwarna serta memiliki permukaan yang sangat bersih dan dapat membiaskan obyek secara sempurna sampai lebih dari 90%. Namun jenis kaca ini kurang mampu menahan atau memantulkan sinar matahari, sehingga tidak disarnakan untuk bangunan bertingkat. Kaca bening ditawarkan dalam beberapa pilihan ketebakan, yaitu 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Pemilik rumah sebaiknya memperhatikan ukuran jendela saat menentukan ketebalan kaca. Semakin besar jendela, semakin tebal pula kaca yang digunakan. Kaca ini banyak digunakan pada eksterior maupun interior bangunan, baik rumah tinggal atau gedung bertingkat. Kaca ini juga dapat digunakan untuk perabot rumah tangga.
3.Kaca Warna (tinted glass)
Kaca ini biasa disebut dengan kaca riben atau tinted glass. Tinted glass dibuat dengan cara menambahkan metal oksida pada takaran tertentu pada adonan kaca.Penambahan ini membuat kaca yang dihasilkan berwarna kecoklatan, abu-abu, hijau, atau biru, namun tidak mengubah sifat kaca kecuali dalam hal perubahan transmisi energi solar/ matahari. Kaca jenis ini mampu menahan sinar matahari sampai dengan 55%, sehingga dapat membantu mengurangi beban daya listrik yang digunakan untuk menghidupkan AC. Dengan warna pada kaca, maka sifat tembus pandang kaca menjadi lebih rendah sehingga dapat memberikan privasi kepada penghuninya. Kaca ini lebih banyak dipakai pada eksterior bangunan, baik untuk pintu, jendela, atau curtain wall.
4.Kaca Es(frosted glass)
Kaca es adalah sebutan untuk jenis kaca yang salah satu sisinya bertekstur dan memiliki efek dekoratif. Biasanya sisi ini adalah sisi yang menghadap keluar, sedangkan sisi lain yang rata menghadap ke dalam rumah. Tekstur kaca es dihasilkan dengan cara mencetak adonan kaca menggunakan roll yang memiliki pola khusus. engan menggunakan kaca es ruangan akan tampak terang namun tidak menyilaukan, karena tekstur kaca akan memecah gelombang sinar matahari. Hasilnya, di siang hari pun sinar matahari tampak lembut menerangi ruangan Anda. Kaca es cocok untuk interior rumah, seperti pintu kamar mandi atau pintu shower. Bisa juga digunakan untuk menjaga privasi jika Anda tinggal di daerah di mana rumah sangat berdekatan dengan tetangga. Misalnya digunakan sebagai aksen pada dinding pembatas samping rumah di kompleks hunian rumah teras bertingkat.
5. Kaca Reflektif
Kaca ini merupakan jenis kaca yang mampu memantulkan cahaya dan mereduksi sifat tembus pandang dari sisi luar sehingga sering juga disebut dengan kaca one way. Lapisan kaca ini bersifat memantulkan cahaya dan panas, serta mampu memberikan penampilan yang mewah.Selain itu Reflective glass juga dapat menghalangi masuknya sinar UV ke dalam ruangan anda
6.Kaca Tempered
Secara singkat, kaca tempered merupakan jenis kaca yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi, dibandingkan dengan kaca biasa. Dengan ketebalan yang sama, kekuatan kaca ini mampu mencapai 3-5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa. Kaca ini tahan terhadap beban angin, tekanan air, benturan, dan perubahan temperatur yang tinggi (thermal shock). Kaca tempered juga lebih aman karena akan menjadi butiran halus bila pecah.
7. Kaca laminasi (laminated glass)
Kaca ini merupakan jenis kaca dengan tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi terhadap penghuni. Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan pecahnya kaca, kaca laminated tidak akan berhamburan, tetapi hanya retak dan sangat sulit untuk ditembus. Karakteristik kaca ini adalah pecahan kaca tidak akan jatuh atau berhamburan, tetapi tetap melekat pada filmnya, dan kaca akan tetap terpasang pada rangkanya.Kaca laminasi lazim digunakan di zona rumah berisiko tinggi, misalnya sebagai pagar balkon, tangga, dan jendela skylight.
8. Kaca patri (stained glass)
Kaca patri dihasilkan dengan cara menambahkan zat garam metalik ke dalam adonan kaca, sehingga dihasilkan kaca dalam warna-warna berbeda. Kaca berwarna ini lalu dipotong dan disusun dalam sebuah bingkai yang disangga bilah timbal sehingga membentuk gambar pada jendela. Warna-warni stained glass adalah sentuhan seni yang dapat mengurangi intensitas sinar matahari dan melindungi furnitur dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari dalam jangka panjang. Berkat kaca patri, atmosfer interior rumah akan menjadi dramatis dan romantis. Rumitnya proses pembuatan dan daya tahan membuat harga kaca patri sangat mahal.
Kaca patri banyak digunakan di bangunan-bangunan kuno di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Sampai saat ini kita bisa melihat kaca patri pada jendela gereja yang didirikan di era Kolonial.
 Keunggulan Kaca
1.Sifatnya yang mampu meneruskan cahaya membuat rumah dengan dinding kaca lebih hemat energi karena pencahayaan pada siang hari cukup dengan sinar matahari.
2.Mampu memaksimalkan pemandangan di luar ruangan.
3.Walaupun mudah kotor, tetapi mudah juga untuk dibersihkan.
4.Memberikan kesan luas pada ruangan sempit.
5.Memberikan kesan tidak ada sekat antara ruangan satu dengan yang lainnya.
6.Kedap suara
7.Kedap air
8.Memberikan kesan modern pada hunian
9. mempunyai ketahanan yang sangat baik terhadap abrasi. Kaca tidak terpengaruh dengan bahan kimia, pelarut, minyak, dan cairan pembersih.
10.Kaca tidak memiliki masalah pada degradasi sinar ultraviolet. Beberapa jenis kaca juga mempunyai kemampuan menahan gelombang infrared.
11.Kaca bisa menjadi sarana penghemat energi listrik, khususnya pada gedung-gedung perkantoran. Pemakaian kaca memungkinkan tidak diperlukannya lagi menyalakan lampu di siang hari karena ruangan sudah terang.
 Kekurangan Kaca
1.Harganya cukup mahal, baik dari segi harga material maupun biaya pemasangan
2.Pemasangannya rumit dan butuh tenaga profesional dengan keahlian dan teknik tinggi.
3.Tidak tahan terhadap getaran.
4.Beberapa jenis kaca cenderung mudah pecah
5.Dinding kaca tidak termasuk dinding struktural sehingga tidak mampu menahan beban berlebih.
6.Mudah kotor, dibutuhkan perawatan yang rutin.
7.Jika tergores, sulit untuk memperbaikinya.
8.Jenis kaca bening tidak cocok untuk ruangan privasi.
9.Perlu aksesoris tambahan seperti tirai walaupun hal ini opsional.
10.Jika retak atau pecah tidak bisa diperbaiki, tetapi harus diganti.
11.Kaca mudah cepat kotor meskipun pembersihannya pun tidak terlalu sulit. Tetapi bagi Anda yang sibuk, kondisi ini tentu menjadi masalah.
12.Kaca tidak aman untuk anak-anak. Anak Anda bisa saja memecahkan kaca tersebut dan terluka akibat serpihannya.
13.Kaca selain meneruskan cahaya juga meneruskan panas. Pemasangan kaca yang berlebihan dapat membuat suasana interior terasa gerah.

Manakah di antara jenis kaca berikut yang akan Anda pilih untuk percantik rumah?

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

1 COMMENT

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber