• March

    28

    2018
  • 49
  • 0
14 Ciri Arsitektur Rumah Minimalis yang wajib anda ketahui

14 Ciri Arsitektur Rumah Minimalis yang wajib anda ketahui

Di Indonesia rasanya tidak sulit menemukan arsitektur rumah minimalis. Umumnya arsitektur rumah minimalis ini digunakan untuk rumah-rumah yang berada di tengah kota. Konsep minimalis ini fokus pada desain bangunan yang memenuhi kebutuhan dasar si penghuni rumah. Bentuknya geometris dan tidak memiliki dekorasi.
Masih belum ada banyangan tentang tampilan dan bentuk dari arsitektur rumah minimalis?
1. Apa itu arsitektur rumah minimalis?

Meski sangat populer, banyak yang belum tahu sebenarnya apa sih, arsitektur rumah minimalis itu? Arsitektur minimalis adalah salah satu tipe arsitektur yang elemen-elemen pada desainnya didasari oleh frasa less is more. Konsep simplicity ini diwujudkan lewat bentuk geometris dasar yang simpel, elemen-elemen tanpa dekorasi, penggunaaan material sederhana, dan repetisi struktur bangunan yang terlihat teratur tapi tetap nggak kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri.
Pada desain interior, interior minimalis bisa dibilang sebagai tipe desain yang sangat mengutamakan fungsi. Makanya, desain interior minimalis biasa menggunakan elemen tanpa dekorasi. Ide awal untuk arsitektur rumah minimalis ini salah satunya berasal dari budaya Zen yang ada di Jepang lho! Budaya Zen sendiri identik dengan kesederhanaan. Orang Jepang senang menerapkan budaya tersebut pada estetika dan desain bangunan.
2. Mempunyai bentuk yang tegas

  Rumah minimlis memiliki bentuk yang tegas, bahkan kesan bentuk kotak-kotak sangat jelas terlihat. Terdapat perulangan garis garis vertical dan horizontal pada tampilan rumah.
3. Arsitektur rumah minimalis biasanya berbentuk geometris tanpa dekorasi

Kesederhanaan arsitektur rumah minimalis juga bisa dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Jika dilihat dari luar, rumah minimalis memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar.
Fasad sebuah arsitektur rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi, berbeda dengan fasad arsitektir rumah lainnya, seperti arsitektur rumah bergaya Eropa. Pada contoh di atas, fasad arsitektur rumah minimalis dibiarkan polos dan hanya dilapisi oleh cat berwarna putih. Bagian jendela juga tidak memiliki detail yang rumit. Hanya ada jendela berbentuk persegi dengan bingkai sederhana, namun tahan lama dan bisa melindungi kaca jendela.
4. Memiliki ruang terbuka dan fokus pada fungsi

Pada umumnya, arsitektur rumah minimalis memiliki tata letak yang sangat sederhana dan efisien. Denah lantai biasanya terbuka tanpa ada dinding penyekat antar ruangan dan area penyimpanannya pun sederhana.
Ruang-ruang dalam arsitektur rumah minimalis cenderung terbuka, minimnya furnitur minimalis yang digunakan membuat ruangan terlihat besar, meskipun luasan lahannya sendiri tergolong sempit. Tidak heran kalau arsitektur rumah minimalis ini sangat digemari sebagai gaya hunian di pusat kota
5. Arsitektur rumah minimalis menggunakan material bangunan sederhana dengan hasil maksimal

Arsitektur rumah minimalis dikenal selalu menggunakan material bangunan yang sederhana mudah ditemukan. Biasanya, jenis batu bata digunakan untuk membangun dinding. Kayu atau keramik digunakai sebagai bahan dari desain lantai pada rumah. Beberapa rumah juga ada yang menggunakan material bangunan lain seperti kaca, beton, dan baja. Material bangunan yang tidak rumit ini justru akan memberikan daya tarik tersendiri sekaligus menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut.
Hasil akhirnya pun bisa dibilang tidak serumit arsitektur rumah lainnya. Untuk dinding, hasil akhirnya didapatkan dengan proses aci. Bagian lantainya pun hanya dilapisi keramik tanpa perlu proses finishing lagi.
6. Minim pembatas dan sekat ruangan

Ruang-ruang di dalam arsitektur rumah minimalis biasanya tidak memiliki dinding pembatas. Misalnya antara dapur dan ruang makan atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Tapi, ruang-ruang yang sifatnya pribadi tetap memiliki dinding pembatas, misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Ruang-ruang di atas tadi biasanya hanya dipisahkan menggunakan partisi seperti rak atau meja. Tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan terang
Suasana interior rumah minimalis juga terlihat terang berkat pencahayaan alami yang didapatkan dari matahari. Pemilihan jendela minimalis juga diperhatikan. Dari segi ukuran, jendelanya berukuran besar sehingga sinar matahari bisa lebih mudah masuk ke dalam rumah. Apalagi kalau ruangannya nggak dibatasi sekat ruangan.
Warna pada cat dinding, keramik, dan furnitur juga bisa mempengaruhi interior lho. Biasanya warna yang digunakan adalah warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu yang diimbangi dengan dekorasi berwarna cerah.
7. Arsitektur rumah minimalis didominasi warna putih, hitam, dan abu-abu

Putih, hitam, dan abu-abu adalah 3 warna yang paling sering mendominasi arsitektur rumah minimalis. Warna monokrom ini membuat rumah minimalis terlihat sederhana, bersih, namun tetap elegan. Meski ada yang menggunakan warna selain 3 warna tadi, biasanya hanya sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton.
Warna putih, hitam, dan abu-abu ini biasanya diterapkan pada bagian dinding, lantai, furnitur, dekorasi, bahkan perlalatan makan. Jadi, nggak salah kalau 3 warna tersebut dikenal sebagai ciri khas desain arsitektur rumah minimalis.
8. Memaksimalkan pencahayaan dalam rumah

Arsitektur rumah minimalis tidak memiliki bentuk bangunan yang kompleks dan ukiran yang rumit, tapi  kesederhanaan ini malah menambah daya tarik dari arsitektur rumah minimalis. Rahasia di balik penampilan ini adalah perencanaan desain yang hati-hati sehingga banyak cahaya alami masuk ke dalam rumah sebagai output-nya.
Selain itu, arsitektur rumah minimalis ini dilengkapi dengan pencahayaan tidak langsung. Pencahayaan tidak langsung sendiri digunakan untuk menegaskan kesan tertentu pada ruangan.
9. Arsitektur rumah minimalis dilengkapi dengan taman yang minimalis juga

Tidak hanya rumahnya saja yang sederhana, tetapi juga tamannya. Kebanyakan arsitektur rumah minimalis menempati lahan yang terbatas. Agar seimbang dengan luasan rumah, taman rumah minimalis biasanya tidak memiliki pohon berukuran besar. Hal ini juga dilakukan karena nggak sedikit taman minimalis yang berukuran kecil.
Bagian tanah ditutupi oleh rumput atau bebatuan kecil agar terlihat rapi. Tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman merambat atau tanaman hijau berukuran sedang. Sangat sedikit yang menanam bunga berwarna mencolok untuk taman rumah minimalis. Sebagai dekorasi, biasanya ditambahkan model air mancur pada taman.
10. Menggunakan furniture yang sederhana

Penataan ruangan yang terbukan dengan furniture yang sederhana adalah model penataan rumah minimalis. Furniture juga dipilih tanpa hiasan ukiran dan lebih bercorak polos menonjolkan kesederhanaan. Jumlah furniture yang terdapat dalam rumah pun diminimalisir untuk mendapatkan ruangan yang lebih longgar. Anda bisa lebih dahulu mengetahui Tips Memilih Furniture khusus untuk rumah minimalis agar ruangan rumah anda lebih sempurna.
11. Penggunaan jendela yang lebar

Jendela besar dipilih dalam rumah-rumah minimalis. Selain memberikan fungsi ventilasi rumah dengan cara sebagai tempat aliran udara dari dalam rumah mengalir ke luar dan bertukarnya udara dari luar masuk kedalam, jendela juga difungsikan sebagai jalan masuk cahaya matahari untuk mengatur kelembapan rumah.
Jika rumah mendapatkan penerangan dari cahaya matahari yang cukup, maka suasana lembab akan tersingkir dari rumah. Dan dinding tembok pun awet tanpa adanya jamur yang bukan hanya merusk keindahan rumah tapi juga berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, dengan pencahayaan yang cukup maka rumah juga akan terbebas dari berbagai energi negatif
12. Penataan kamar tidur minimalis

Kamar tidur tempat melepas lelah pada rumah minimalis juga ditata sedemikian rupa untuk memunculkan kesan bersih, rapi dan longgar. Ranjang kasur ditata menempel dengan dinding, pemanfaatan kolom kasur untuk laci sebagai sarana penghematan ruang sehingga hanya memerlukan lemari berukuran kecil.
Khusus untuk wallpaper kamar tidur, ada beberapa panduan Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur agar anda dengan mudah dapat memilih dan menentukan wallpaper yang cocok untuk penataan warna dinding kamar. Memasang wallpaper merupakan salah satu Cara Mendesain Kamar agar kamar terlihat cantik.
Untuk pilihan cat pun ada Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur,agar tampilan kamar tidur menjadi lebih menarik dengan warna cat yang dipilih
13. Dapat diterapkan di berbagai rumah
Model rumah minimalis dapat diterapkan di berbagai bentuk rumah, mulai dari rumah yang lahannya kecil hingga rumah dibangun diatas lahan yang luas.
14. Memiliki kesan elegan

Meskipun rumah minimalis bentuknya cukup sederhana dengan garis-garis tegas terlihat monoton. Namun kesan sederhana yang dirawat kebersihan dan kerapian nya akan memunculkan kesan elegan. Sehingga rumah anda akan senantiasa terlihat cantik.

Demikian 14 ciri arsitektur rumah minimalis yang perlu kamu ketahui. Selain bentuknya yang sederhana, arsitektur rumah minimalis ini juga hemat biaya saat pembangunan maupun perawatan. Menarik, ya? Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di patria land !

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber