• February

    27

    2018
  • 44
  • 0
Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Tahap Konstruksi Sebelum Mulai Membangun

Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Tahap Konstruksi Sebelum Mulai Membangun

Membangun rumah baru atau merenovasi adalah pengalaman yang paling menarik, terutama bila Anda memahami bagaimana proses kerjanya. Hal pertama yang Anda pikirkan tentu adalah berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mewujudkan impian itu. Hal selanjutnya adalah pertanyaan tentang berapa lama waktu pengerjaannya. Proses desain biasanya memakan waktu hingga enam sampai delapan bulan untuk membangun rumah baru, termasuk menangani kebutuhan klien, merancang kebutuhan tersebut dan memutuskan cara terbaik untuk melaksanakannya.

Sebelum Anda mulai pekerjaan galian, penting sekali untuk memahami batas waktu sesuai yang disepakati bersama. Apakah Anda berencana merombak sebuah ruangan menjadi fungsi lain, melakukan renovasi, atau membangun rumah baru dari awal, beberapa panduan berikut ini sangat penting untuk memahami batas waktu konstruksi Anda:

Carilah tim pembangun yang hebat. Keberhasilan proyek sering dimulai dengan rencana yang solid dan tim pembangun yang bagus. Tim pembangun berpengalaman yang memiliki keahlian dalam menyelesaikan proyek-proyek akan berdedikasi tinggi pada setiap proyek yang mereka kerjakan. Mereka akan membantu membuat jadwal konstruksi secara rutin, dan Anda sebagai pemilik rumah, dapat mengandalkan bantuan mereka untuk menetapkan jadwal proyek Anda

Tetapkan jadwal secara logis. Banyak pemilik rumah sering kali menetapkan batas waktu pengerjaan yang tidak masuk akal karena mereka berpikir bahwa segala sesuatu bisa dikerjakan dalam waktu singkat demi kepuasan mereka. Misalnya, pengerjaan kamar mandi selama tiga hari tentu tidak logis karena terkait dengan pasokan material, peralatan, dan tukang sesuai kebutuhan tersebut. Persoalan utamanya adalah mobilisasi dan demobilisasi. Kontraktor memiliki regu tukang yang tidak hanya mengerjakan satu rumah, melainkan bergerak dari satu rumah ke rumah lain dan mobilisasi itu memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, dalam merencanakan pembangunan rumah Anda, sebaiknya tidak menetapkan jadwal terlalu ketat, untuk mengantisipasi hambatan tak terduga selama proses itu.

Menguasai setiap tahap pengerjaan dan segala sesuatu yang terkait. Anda perlu mengetahui apa saja yang diperlukan dalam setiap tahap konstruksi. Sebaiknya Anda lebih sering berkomunikasi dengan tim desain Anda sehingga mereka akan membantu menjelaskan setiap bagian pekerjaan mereka. Dengan menguasai setiap tahap konstruksi, maka Anda juga dapat mengantisipasi potensi penundaan yang sewaktu-waktu bisa muncul dan mengacaukan batas waktu proyek Anda.

Buatlah jadwal konstruksi secara spesifik. Penjelasan secara detail akan membantu Anda dan tim pembangun memahami proses konstruksi sehingga Anda dapat mengikuti setiap tahap secara berurutan. Kontraktor berkewajiban mempersiapkan jadwal lengkap untuk seluruh pekerjaan dan tahapan dari awal sampai akhir dan menyampaikannya pada awal proyek. Jadwal ini kemudian dibahas bersama antara klien, arsitek, dan kontraktor.
Pelajari apa saja yang dapat mempengaruhi jadwal konstruksi. Proses pembangunan rumah berbeda-beda tergantung pada kondisi di tiap daerah dan tim pembangunnya, terutama jika desain rumah Anda sangat rumit. Ada beberapa variabel yang perlu Anda ketahui sebelum mengerjakan rumah baru Anda.

Cuaca
Salah satu faktor yang paling mempengaruhi jadwal konstruksi adalah cuaca. Ini tergantung pada tingkat keparahan kondisi cuaca proyek Anda seperti genangan air, lumpur dan cuaca ekstrim yang bahkan kadang dapat memakan korban.

Perizinan dan Proses Pemeriksaan
Selama proses pembangunan, Anda akan berhubungan dengan lembaga pemerintah untuk memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum pembangunan rumah baru Anda. Saat rumah Anda melalui tahap konstruksi, akan diperlukan pemeriksaan yang umumnya dilakukan oleh pemerintah kota atau kabupaten untuk memastikan apakah rumah Anda sudah memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh kota atau kabupaten.

Tenaga Kerja dan Material
Ada kalanya terjadi situasi di luar kendali Anda yang dapat dipengaruhi oleh pengadaan tenaga kerja atau ketersediaan material. Perubahan yang tak terduga juga dapat berdampak pada jadwal konstruksi. Selain itu, tenaga kerja di berbagai wilayah negeri ini dapat dipengaruhi oleh bencana alam, seperti ketika banyak rumah mengalami kerusakan akibat badai atau gempa bumi, sehingga mengurangi tenaga kerja di semua industri yang terkait dengan konstruksi. Mogok kerja juga dapat berdampak besar pada proses konstruksi.

Mengantisipasi hambatan pada tahap akhir. Pada akhir proyek, sebagian besar anggaran biasanya telah habis dan pekerja biasanya telah menerima upah mereka. Sebaiknya Anda mengantisipasi potensi terhentinya proyek rumah Anda dengan menyisihkan beberapa persen dana dari nilai kontrak sampai beberapa hari setelah proyek selesai. Dengan demikian, sisa dana tersebut dapat dipakai untuk menyelesaikan proyek tersebut

LEAVE A COMMENT

You comment will be published within 24 hours.

Cancel reply

COST CALCULATOR

Use our form to estimate the initial cost of renovation or installation.

REQUEST A QUOTE
Latest Posts
Most Viewed
Text Widget

Here is a text widget settings ipsum lore tora dolor sit amet velum. Maecenas est velum, gravida Vehicula Dolor

© Copyright 2017 Patria Land by Argia Cyber